Senin, 05 November 2018

Review : Gramedia Matraman




Tampak depan Gramedia Matraman
Sedari dulu kalau ditanya tentang hobi saya seringkali menjawab hobi saya adalah membaca buku. Entah karena benar-benar senang membaca buku atau hanya sekedar menjawab saja. Tapi rasa-rasanya belakangan ini semenjak harga paket kuota internet sudah lebih terjangkau dan content creator semakin menjamur, saya lebih sering scroll down laman Youtube atau Portal Berita online dibandingkan membaca buku. Sumber pengetahuan yang luas dengan akses yang mudah merupakan penawaran menarik yang diberikan oleh internet. Namun kesyahduan membalik lembar demi lembar buku tetap menjadi kerinduan tersendiri bagi saya pribadi.  Kebetulan semester ini saya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian profisiensi bahasa Arab (TOAFL). Setelah saya mencari sumber belajar di Internet ternyata hasilnya tidak terlalu banyak dan sulit dipahami, sampai kemudian muncul review tentang buku “Mahir TOAFL Skor 600+” di laman internet. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku ini di toko buku.
Disarankan menggunakan transportasi umum busway menuju ke Gramedia Matraman


Pada awal oktober lalu ketika jadwal observasi sekolah diliburkan selama beberapa hari, saya memanfaatkan waktu luang tersebut untuk pergi ke Gramedia Matraman. Sebenarnya saya sudah lama penasaran dengan toko buku terbesar se Asia Tenggara ini, namun  baru kali ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke sana.  Sebelum berkunjung, saya mencoba untuk  menelusuri toko buku tersebut di google, ternyata tempatnya lumayan jauh dari tempat kost saya dan disarankan untuk menggunakan busway. Karena saya kurang paham dengan rute busway, saya mendownload aplikasi Trafii untuk memudahkan perjalanan. Alhamdulillah cukup terbantu meskipun tetap harus sesekali bertanya kepada petugas di halte.  Adapun rute yang saya lalui adalah UIN Syarif Hidayatullh Jakarta – Dukuh Atas 1- Dukuh Atas 2 – Matraman 2.

Fasilitas parkir dan foodcourt di Gramedia Matraman

Saung bazar buku diskon
Pintu depan Gramedia Matraman
Money Planner

            Setibanya di halte tujuan, bisa langsung terlihat gedung Gramedia Matraman yang dilengkapi dengan basement  untuk parkiran mobil, parkir bertingkat untuk motor, foodcourt dan saung untuk bazar buku-buku diskon atau cuci gudang. Memasuki lantai G saya disambut dengan berbagai aksesoris elektronik seperti flashdisk, wireless mouse, earphone, USB Cable dsb. Sesuai dugaan saya,  di sini terdapat stand-stand yang menawarkan berbagai  alat tulis kantor dan souvenir yang unik dan menggemaskan. Saya sempat iseng menanyakan buku one year study planner kepada petugas, namun yang tersedia hanya buku one month study planner dan buku one day study planner. Buku one year study planner biasanya tersedia pada awal tahun nanti. Oiya, disini juga ada buku money planner yang lumayan bikin gemas.

Tas untuk ibu-ibu arisan
Buku Off The Recordnya Kak Ria SW

            Naik ke lantai satu, ternyata belum sepenuhnya berisi buku-buku. Di lantai satu ini terdapat berbagai macam tas, bukan hanya tas sekolah, tapi juga travel bag dan tas untuk ibu-ibu arisan. Disudut lain pada bagian buku-buku best seller , saya menemukan buku Off The Record Kak Ria SW yang full colour dan atraktif  sesuai dengan vlog Ka Ria yang ceria. Saya juga menemukan buku Tatang Teh Tong Tji yang menceritakan perjalanan perusahaan Teh ternama di Indonesia sehingga sukses sampai saat ini. Ada juga buku Crazy Rich Asian yang filmnya sedang hits di bioskop.Selain buku best seller, di lantai 1 ini terdapat buku anak-anak, buku parenting seperti buku Happy Little Soul karya Iboek Retno Hening,  buku impor, buku religi, buku  tips kesehatan dan buku resep.

Rak Buku Self Improvement
Buku Perantau Ilmu Timur Tengah-Afrika Karya PPI Dunia
wishlist 


             Setelah berkeliling di lantai satu, saya menuju ke lantai dua kemudian menemukan jajaran rak buku self improvement. Saya mendapati buku Perantau Ilmu Timur Tengah - Afrika karya PPI Dunia yang mana salah satu kontributornya adalah Kak Luqman Hakim, lulusan Universite Muhammad V De Rabat Maroko, yang kemari sempat menjadi juri pada lomba debat bahasa Arab di ICFest 2018 lalu. Berikutnya saya iseng-iseng main ke rak buku ekonomi dan membaca buku yang diceritakan oleh salah seorang teman saya yaitu buku Yuk Nabung saham, ternyata lumayan menarik bikin pusing juga ya bukunya . Tapi untuk sementara buku ini masih menjadi bagian dari wishlist saya. Pada rak-rak lain terdapat b
uku-buku  internet, desain, fotografi, komik dan novel.

Akhirnyaa ketemu juga

Rak Education & Teaching


Di lantai paling atas, terdapat deretan rak-rak buku  paket mata pelajaran sekolah dan buku-buku persiapan ujian seperti UN, SBMPTN dan buku persiapan seleksi CPNS yang sempat ramai beberapa waktu lalu.  Dilantai tiga ini akhirnya saya menemukan buku Mahir TOAFL skor 600+ yang saya cari. Buku ini menjadi satu-satunya sumber belajar persiapan TOAFL diantara banyaknya buku TOEFL. Kemudian Saya juga mengambil satu buku nahwu yang menurut saya mudah dipahami. Saya sempat mampir di rak buku pendidikan yang lumayan besar, seperti biasa terdapat buku-buku pengantar kependidikan, kurikulum, perencanaan pembelajaran, evaluasi pendidikan, administrasi pendidikan, pengembangan profesi guru, pendidikan karakter, metodologi penelitian pendidikan, statistika pendidikan, strategi pembelajaran dsb.


Eskalator untuk empat lantai
Pulang

            Tuntas sudah rasa penasaran saya akan Gramedia Matraman. Saya pulang dengan membawa dua buku yang saya idam-idamkan dan hati yang senang.  Sebenarnya masih ingin berlama-lama, tapi berhubung sudah hampir memasuki waktu jam pulang kantor yang pasti macet dan dan busway penuh berdesak-desakan, jadi saya harus segera pulang sebelum busway S21 semakin membludak. Selamat membaca untuk semuanya. Mudah-mudahan kita bisa menjadi generasi yang cinta akan ilmu pengetahuan dan bisa bermanfaat bagi sesama. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar